Kamis, 04 Oktober 2018

Langkah-langkah Dasar Membuat Bangun Menggunakan Geogebra.




1. Peralatan untuk memblok atau memindahkan






Pindah Pada mode ini anda dapat mendrag dan menempatkan suatu objek bebas dengan mouse. Jika anda memilih suatu objek dengan mengkliknya pada mode move, anda dapat:
a. menghapusnya dengan menekan tombol del.

b. memindahkannya dengan menggunakan tombol panah.


Rotasi mengitari titik Pertama pilih titik pusat rotasi. Setelah itu anda dapat merotasikan objek bebas berpusat pada titik ini dengan men-dragnya dengan mouse.



2. Peralatan untuk membuat titik





Point (Titik baru) Pengklikan pada Tampilan Grafik akan membuat suatu titik baru. Dengan mengklik pada ruas garis, garis lurus, poligon, irisan kerucut, fungsi, atau kurva, anda akan membuat titik pada objek tersebut.


Perpotongaan dua titik. Titik-titik perpotongan dari dua objek dapat dihasilkan dengan dua cara:
a. Klik semua titik perpotongan yang terjadi dari kedua objek (jika memungkinkan).
b. Klik pada suatu perpotongan dari kedua objek, akan menghasilkan titik perpotongan tunggal.


Titik tengah atau pusat. Klik pada:

a. Dua titik untuk memperoleh titik tengahnya.
b. Satu ruas garis untuk memperoleh titik tengahnya.
c. Suatu irisan kerucut untuk mendapatkan pusatnya.


3. Peralatan untuk membuat garis



Line (Garis melalui dua titik) Pengklikan dua titik A dan B menghasilkan suatu garis lurus melalui A dan B. Vektor Arah garis ini adalah (B - A).

4. Polygon
 Polygon tool berfungsi untuk membuat bangunan.
Untuk membuat sebuah bangun maka kita harus
klik minimal tiga titik yang akan menjadi titik sudut
polygon. Lalu klik pada titik awal untuk menutup polygon
tersebut.

Contoh gambar yang dibentuk dengan polygon.








5. Angel/Sudut
Tool ini digunakan untuk mencari besar sudut.

Mode ini membuat:

Sudut antara tiga titik.
Sudut antara dua ruas garis.
Sudut antara dua dua garis.
Sudut antara dua vektor.
Semua sudut dalam dari suatu polygon.

Jika Anda ingin membatasi ukuran maksimum dari suatu sudut menjadi 180°, hilangkan centang bolehkan sudut reflex pada dialog properti.
Contoh Sudut yang ditemukan.











6. Angel Bisector






Tool ini digunakan untuk mencari garis hubung.
Garis bagi sudut dapat didefinisikan dengan dua cara, yaitu:



a. Pengklikan tiga titik A, B, C menghasilkan garis bagi sudut dari sudut yang dibentuk, dimana B adalah titik sudutnya.



b. Pengklikan dua garis menghasilkan garis bagi sudut untuk sudut-sudut yang terbentuk.







Contoh garis bagi yang terbentuk.




7. Area





Mode ini memberikan luas dari suatu poligon, lingkaran, atau elips sebagai teks yang dinamis pada jendela geometri.






Contoh Luas yang dihitung.



Demikian langkah-langkah dasar menggunakan geogebra yang saya sampaikan. Tunggu Postingan saya selanjutnya.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Journey and Destination - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -